The Tielman Brothers, Terkenal Tapi Banyak Yang Tidak Kenal

Grup Band Indonesia Sepanjang Masa Yang Mendunia - The Tielman Brothers adalah grup band yang beranggotakan Andy Tielman, Reggy Tielman, Ponthon Tielman, Loulou Tielman. The Tielman Brothers merupakan grup musik tertua yang berasal dari Indonesia, tepatnya NTT. Mereka adalah anak dari Herman Tielman asal Kupang dan Flora Lorine Hess.

Musik The Thielman Brothers adalah beraliran rock and roll , namun orang-orang di Belanda biasa menyebut musik mereka Indorock, sebuah perpaduan antara musik Indonesia dan Barat , dan memiliki akar di Keroncong .

The Tielman Brothers telah berhasil masuk internasional pada tahun 1950-an. Mereka juga adalah salah satu perintis rock and roll di Belanda. Grup band ini cukup terkenal di Eropa, jauh sebelum The Beatles dan The Rolling Stones. Bahkan The Beatles sendiri terinspirasi dengan The Tielman Brothers, seperti yang di ungkapkan gitaris The Beatles, George Harrison dalam salah satu wawancara di majalah Rolling Stone memuji jika Andy Tielman sebagai Andy The Indo-man.

Grup Band The Tielman Brothers Yang Mendunia

The Tielman Brothers dulu pernah juga tampil di Istana Negara RI (Jakarta) dihadapan Presiden Soekarno. Karier rekaman mereka dimulai ketika keluarga Tielman pada tahun 1957 hijrah dan menetap di Breda, Belanda. Nama The Tielman Brothers lebih dikenal di Eropa, terutama Belanda. Di Indonesia sendiri nama The Tielman Brothers masih menjadi nama yang asing dan tidak banyak yang kenal. Memang sangat disayangkan, tapi begitulah kenyataannya.

The Tielman Brothers dipercaya lebih dulu memperkenalkan musik beraliran rock sebelum The Beatles . Aksi panggung mereka terkenal sangat menghibur dan selalu tampil atraktif. Mereka tampil sambil melompat- lompat, berguling-guling, serta menampilkan permainan gitar, bass, dan drum yang menawan. Andy Tielman, sang frontman, bahkan dipercaya telah memopulerkan atraksi bermain gitar dengan gigi, di belakang kepala atau di belakang badan jauh sebelum Jimi Hendrix , Jimmy Page atau Ritchie Blackmore.

Grup Band The Tielman Brothers Yang Mendunia

Pada tahun 2005 yang lalu Ratu Beatrix dari Belanda menganugerahi Andy Tielman (The Tielman Brothers) dengan bintang jasa Order of Orange Nassau karena kontribusinya bagi musik di Belanda. Tapi sayangnya tidak ada satupun penghargaan yang di dapat dari pemerintah Indonesia.

Itulah tadi sedikit mengenai grup band The Tielman Brothers, yang kami kutip dari wikipedia dan beberapa sumber. Ini hanya mengingatkan saja Indonesia dulu pernah punya grup band yang sangat terkenal di dunia di tahun 1945 - 1976. Adakah generasi penerus yang mengikuti jejaknya?

wdcfawqafwef