Cara Jitu Membedakan Batu Akik Asli Dan Palsu Agar Tidak Tertipu

Tips Memilih Batu Mulia Asli - Seperti diketahui batu akik yang dijual dipasaran 75 persen itu bukan asli atau bukan berasal dari alam. Yang membuat pembeli merasa rugi adalah membeli batu akik mahal atau sama seperti harga batu akik alam tetapi batu tersebut palsu. Menurut Ketua Asosiasi Pedagang Batu Mulia, Jakarta Gems Center (JGC) Tobikin, yang di kutip dari Merdeka: "Kalau mau beli yang asli sebaiknya bawa teman yang ngerti batu. Batu yang asli memiliki serat. Harganya juga lebih mahal dan bisa disertifikasi."

Sebenarnya apa sih batu akik palsu itu?
Batu akik palsu adalah batu akik bukan terbentuk dari alam. Di hasilkan melalui berbagai proses seperti pemanasan, pewarnaan dan menggunakan bahan kimia agar bisa menghasilkan batu yang menyerupai batu akik yang asli. Batu akik imitasi ini dibuat sebagai hiasan atau untuk cincin seperti batu akik yang asli. Apabila pedagang yang jujur maka pembeli akan diberitahu bahwa batu tersebut bukan asli dan harganya pun terjangkau.

Agar tidak tertipu ketika membeli batu akik, bagaimanakah cara membedakan batu akik yang asli dan yang palsu. Berikut ini adalah tipsnya:

- Batu akik asli mempunyai warna lebih redup apalagi batu akik tersebut masih baru. Dan batu akik asli dari alam memiliki serat, tentu berbeda dengan batu akik palsu yang warnanya terang karena tidak memiliki serat jika dilihat menggunakan kaca pembesar. Apabila disorot dengan senter batu akik palsu biasanya bersih tidak terdapat noda.

- Batu akik yang asli memiliki berat lebih berat dari batu akik buatan. Tetapi dengan teknologi saat ini batu akik palsu atau buatan beratnya dibuat sama dan mirip seperti batu akik asli, ini tentu tidak mudah membedakannya.

- Batu akik asli dari alam biasanya apabila digunakan untuk disentuhkan ke layar HP touch screen bisa menggeser layar touch sceen tersebut seperti kita yang menggunakan jari.

- Batu akik yang asli tidak mudah pecah dan lebih tahan jika di banting, di gigit, atau di bakar. Batu akik yang asli apabila di goreskan pada kaca maka kacanya pun akan tergores.

Cara Jitu Membedakan Batu Akik Asli Dan Palsu Agar Tidak Tertipu

- Cara yang paling ampuh membedakan batu akik asli dan palsu yaitu mengujinya di laboraturium. Untuk saat ini sudah ada laboraturium dipusat-pusat penjualan batu akik untuk meyakinkan apakah batu tersebut asli atau tidak. Jika membeli batu akik sekarang ini pembeli juga bisa meminta sertifikat mengenai keasliannya, dan untuk harganya tentu agak sedikit lebih mahal.

wdcfawqafwef