Bahaya Mencuci Beras Sampai Bersih Bagi Kesehatan Tubuh

Cara Mencuci Beras Yang Baik Dan Benar - Mencuci beras adalah pekerjaan sehari-hari yang selalu dilakukan. Tetapi dalam mencuci beras ini banyak sekali orang yang keliru, yaitu dengan mencuci berkali-kali hingga bersih sampai airnya berwarna bening. Tanpa di sadari dengan cara mencuci beras seperti itu kita akan kehilangan kandungan penting beras yang dibutuhkan tubuh.

Dengan cara mencuci beras sampai bersih hingga air warna airnya tidak lagi putih ini menyebabkan kita kekurangan vitamin B1 / thiamin. Tentu ini merugikan, karena kekurangan vitamin B1 bisa berdampak bagi kesehatan seperti gangguan metabolisme karbohidrat dan bisa mengakibatkan penyakit beri-beri.

Sebenarnya apabila kita mencuci beras dengan benar kita tidak perlu lagi mengkonsumsi produk-produk suplemen vitamin B1, karena sudah tercukupi dengan kita makan nasi. Kebutuhan vitamin B1 untuk pria dewasa membutuhkan 1,22 mg/hari, sedangkan wanita 1,03 mg/hari.

Menurut penelitian dari Dra Yati Setiati dan Ir Ari Istiani MSi mengungkapkan, cara baik mencuci beras cukup dengan dua kali pencucian saja dan maksimal tiga kali.

Dari penelitian tersebut telah membuktikan pengaruh dari frekuensi pencucian beras terhadap kandungan vitamin B1 yang ada pada beras tersebut. Beras sebelum dicuci mengandung vitamin B1 sebanyak 0,2850 mg. Jika mencucinya sekali akan berkurang menjadi 0,2475 mg. Jika mencucinya dua kali menjadi 0,1765 mg. Sedangkan apabila kita mencucinya sebanyak tiga kali maka kandungan vitamin B1 yang tersisa tinggal 0,1560 mg saja.

Bahaya Mencuci Beras Sampai Bersih Bagi Kesehatan Tubuh

Jika kita mencucinya sambil digosok-gosok kandungan vitamin B1 nya akan lebih menyusut lagi. Apabila kita punya kebiasaan mencuci beras sampai benar-benar bersih ini bisa berpotensi tubuh kita akan kekurangan vitamin B1.

wdcfawqafwef