Bahayanya Perut Mual, Pusing Dan Muntah Saat Di Perjalanan

Cara Mengatasi Mabuk Darat, Laut, Dan Udara - Ketika naik bus, kereta api, kapal laut, dan pesawat terbang sebagian orang mengalami mabuk perjalanan. Rasa mual, pusing, dan kadang muntah yang tertahankan bisa saja terjadi. Bahayanya jika kita muntah saat di perjalanan bisa mengotori diri kita sendiri dan orang lain di dekat kita, tentu ini memalukan.

Mabuk perjalanan bisa saja terjadi meskipun kita sudah meminum obat anti mabuk. Cara mencegah mabuk perjalanan biasanya orang jaman dulu dengan menambal pusarnya dengan plester atau handyplast, apa cara tersebut cukup efektif? tidak tau karena saya sendiri tidak pernah mencobanya. Sebenarnya ada beberapa cara efektif untuk mencegah mabuk perjalanan yang mudah dan sudah terbukti, seperti cara-cara berikut ini:

- Makanlah yang cukup sebelum melakukan perjalanan. Kurang makan atau tidak makan bisa menyebabkan pusing, mual saat di perjalanan. Jika perut kosong saat diperjalanan membuat produksi gas lambung meningkat, perut terasa mual dan makan pun jadi tidak enak. Selain itu saat di perjalanan jangan sampai telat makan, karena juga bisa menyebabkan mabuk di perjalanan. Untuk makanan pilihlah yang bergizi, karbohidrat, protein, gula harus terpenuhi.

- Hindari membaca saat diperjalanan. Membaca koran atau buku saat diperjalanan lama-lama bisa membuat kepala pusing dan perut mual. Ini juga berlaku apabila anda terlalu lama membaca tulisan sms atau lainnya yang ada di smartphone yang kita punyai. Sebaiknya anda ngobrol atau mendengarkan musik saat sedang diperjalanan.

- Hindari asap rokok dan selalu perhatikan sirkulasi udara. Sirkulasi udara sangat penting diperhatikan apabila sedang melakukan perjalanan jauh. Sirkulasi udara yang tidak baik membuat kita kekurangan oksigen yang lama-lama bisa menyebabkan kepala pusing dan mual. Agar kita mendapatkan oksigen yang cukup sebaiknya juga perlu hindari orang perokok atau mintalah orang tersebut mematikan rokoknya.

- Posisi duduk juga perlu diperhatikan, jika naik bus hindari duduk di samping pintu yang terbuka, karena angin di sana sangat besar. Apabila naik kereta api pililah posisi duduk yang menghadap depan. Rilexkan pikiran jangan tegang, lebih bagus bisa tidur di perjalanan.

Bahayanya Perut Mual, Pusing Dan Muntah Saat Di Perjalanan

Untuk jaga-jaga diperjalanan sebaiknya bawalah obat anti mabuk, minyak kayu putih, minyak angin, aroma terapi apabila rasa mual itu datang. Bawalah juga permen (jahe, dll), dan jangan lupa bawa air minum serta camilan agar perjalanan tidak terasa membosankan.

wdcfawqafwef