Cara Benar Membedakan Beras Asli Dengan Beras Plastik / Palsu

Tips Membuktikan Beras Palsu - Akhir-akhir ini beredar beras plastik atau beras palsu yang meresahkan masyarakat. Kita sebagai pengkonsumsi beras harus berhati-hati dengan adanya beras sintetis di pasaran ini.

Untuk membedakan beras asli dengan beras palsu ini ada beberapa tips yang diberikan oleh menteri perdagangan Rachmat Gobel yaitu salah satunya dengan mengujinya dengan dibakar.

Beras palsu atau beras plastik jika dibakar akan meleleh dan mengeluarkan asap, tentu sangat berbeda dengan beras yang asli. Sedangkan secara fisik beras palsu tidak ada warna putih susunya. Dari segi warna, beras palsu lebih transparan dan terasa lebih licin jika berasnya dipegang.

Cara sederhana membuktikan beras palsu ini ada juga cara lain seperti yang dilakukan wali kota bogor Bima Arya Sugiarto, yaitu dengan memasukan contoh beras ke dalam segelas air. Apabila beras tersebut mengambang bisa dipastikan beras tersebut palsu dan apabila beras tersebut jatuh kedasar gelas berarti beras tersebut asli.

Cara Benar Membedakan Beras Asli Dengan Beras Plastik / Palsu

Selain melakukan tes dengan menggunakan air, ada juga tes yang dilakukannya yaitu dengan memberikannya ke ayam sebagai pakan. Jika beras-beras tersebut langsung dimakan ayam berarti kemungkinan beras tersebut aman.

wdcfawqafwef