Sayur Sebaiknya Di Makan Mentah Atau Matang?

Memasak Sayur Menghilangkan Kandungan Vitaminnya - Sayur-sayuran banyak orang yang menyarankan di konsumsi mentah agar nutrisinya tidak hilang. Tetapi apakah itu berlaku untuk semua sayur?

Berdasarkan penelitian ada beberapa sayuran apabila dimasak malah bisa meningkatkan kandungan nutrisinya. Sayur apa saja itu? Berikut ini adalah macam-macam sayur yang lebih baik di makan matang dan juga sebaiknya.

- Tomat, apabila tomat di masak terlebih dahulu ternyata bisa meningkatkan kandungan likopennya. Karena proses memasak akan membantu memecah dinding sel buah, membuat nutrisi yang terkandung di dalamnya lebih mudah tersedia bagi sistem pencernaan. Tetapi ada beberapa nutrisi yang akan rusak karena panas seperti kandungan vitamin C nya.

- Bawang putih, agar mendapatkan manfaatnya sebaiknya sebelum memasak potong-potong dan diamkam selama 10 menit. Bawang putih mengandung allicin yang memiliki kemampuan melindungi tubuh dari risiko penyakit jantung.

- Wortel, apabila sudah di masak bisa meningkatkan kandungan antioksidannya. Selain itu juga mengandung lebih banyak zat yang berfungsi sebagai anti kanker. Untuk memasak wortel sebaiknya utuh agar kandungan falkarinolnya lebih besar.

- Bayam, sebaiknya dimasak terlebih dahulu. Meskipun bayam mengandung banyak kalsium tetapi bayam juga tinggi oksalat yang bisa menghambat aksesibilitas kalsium. Dengan memasaknya dapat mengurangi oksalat dan bisa meningkatkan kandungan lutein.

- Kubis, sebaiknya di konsumsi mentah atau setengah matang. Kubis ini bisa membantu meminimalisir resiko kanker payudara. Untuk kandungan antioksidan yang lebih banyak pilihlah kubis ungu.

- Brokoli, apabila di masak terlalu matang akan menghilangkan kandungan-kandungan pentingnya. Sebaiknya brokoli di konsumsi setengah matang atau mentah. Brokoli mengandung zat anti kanker.


- Jagung, apabila dimasak lebih lama bisa meningkatkan kandungan antioksidannya. Dengan memasaknya bisa meningkatkan asam fenurik yang berfungsi sebagai pelawan kanker. Jagung matang memiliki kandungan antioksidan lebih baik.

wdcfawqafwef