Ikan Mujair Berasal Dari Perairan Afrika

Ikan Mujair - Kita tentu sudah tidak asing lagi dengan nama ikan mujair. Mungkin sebagian orang mengira ikan yang satu ini berasal dari perairan indonesia, tapi ternyata tidak ikan mujair ini berasal dari perairan afrika. Ikan mujair masuk dalam keluarga cichlidae / cichlid, jadi masih satu keluarga dengan ikan sejenis louhan. Ikan dari keluarga cichlid ini banyak yang dijadikan sebagai ikan hias maupun ikan konsumsi.

Kok bisa ikan mujair ini ada di indonesia?
Mungkin saja dulu pada jaman penjajah ada yang membawanya dari afrika ke jawa, mungkin tidak sengaja lepas atau mungkin dilepas dengan sengaja ke sungai sehingga ikan ini beranak pinak di suatu sungai. Dan di muara sungai di temukan oleh mbah mujair sehingga namanya menjadi ikan mujair.
Ini kalau menurut cerita saya lho.....hhehehe.

Kita tidak tau pasti apakah ikan tersebut ada yang membawanya ke indonesia seperti yang saya sampaikan diatas atau ikan ini berenang melintasi samudra dari afrika ke jawa, sampai saat ini masih menjadi sebuah misteri. Atau mungkin bisa saja ceritanya mirip dengan ikan ikan lainnya, yang sebelumnya ada yang membawa masuk ke indonesia, seperti contoh ikan gatul atau ada yang menyebutnya ikan cere yang sering kita temui di sekokan sekitar kita, ikan ini berasal dari benua amerika yang sengaja disebarkan ke sungai sungai sehingga beranak pinak seperti sekarang ini. Atau seperti ikan aligator gar disungai saat ini sudah ada, karna orang sekitar tidak tau banyak dengan ikan ini maka ketika ada yang menemukan disungai sampai menganggapnya sebagai ikan ghoib atau ikan dari bangsa lelembut. Bisa saja cerita masuknya ikan mujair ini mirip seperti itu.

Ikan Mujair Berasal Dari Perairan Afrika

Kembali lagi pada keyakinan kita, memang kedatangan atau ditemukannya ikan mujair di indonesia tidak sedikit orang yang masih membicarakannya. Tetapi meskipun begitu kita perlu menghormati juga jasa dari sang penemu ikan mujair yaitu mbah mujair sehingga ikan ini dikenal masyarakat luas yang menjadi salah satu ikan air tawar yang banyak digemari dan  tentunya bergizi tinggi dengan harga yang cukup terjangkau.

Baca juga : Cerita asal Mula Ikan Mujair Dan Perjalanan Hidup Mbah Mujair
Untuk Artikel terbaru kami silahkan kunjungi halaman awal blog Sekitar Kita.

wdcfawqafwef