Cara Menyembuhkan Luka Dengan Ikan Gabus / Kutuk / Channa Striata

Manfaat Ikan Gabus - Ikan Gabus atau orang sering menyebutnya Ikan Kutuk (Channa Striata) adalah salah satu ikan dari banyaknya jenis ikan snakehead / ikan yang berkepala mirip ular. Ikan ini terlihat menyeramkan tetapi untuk gizi tidak perlu diragukan lagi. Ikan Gabus ini mempunyai kandungan Albumin sangat bagus yang tidak ditemui pada jenis jenis ikan lainnya seperti gurami, lele, mujair, tombro, dan sebagainya.

Ada sebuah cerita yang saya kutip dari kompas(dot)com mengenai penelitian ikan ini, "ada seorang pasien penderita patah tulang karna kondisi ekonomi tidak mampu, maka disarankan oleh dokter yang menanganinya untuk mengkonsumsi ikan gabus segar". Hasilnya adalah kandungan yang terdapat dari ikan tersebut mampu menyembuhkan patah tulang dengan cepat. Selain itu Ikan Gabus ini juga sangat baik untuk mempercepat proses penyembuhan luka seperti misal karna habis melahirkan, dan sebagainya.

Kandungan Gizi Ikan Gabus ini cukup tinggi, nilai proteinnya sebesar 25% dengan albumin 6,2% sehingga bagus untuk penyembuhan luka, seperti luka bakar, habis operasi dan lain lain.

Ikan ini juga bisa dijadikan sebagai lauk rasanya juga tidak kalah dengan ikan lele dan sebagainya. Apabila sering mengkonsumsi ikan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga  tidak mudah sakit, dapat menyembuhkan luka luar maupun dalam, atau penyembuhan sehabis operasi, selain itu sebagai penambah gizi bagi pemakannya.

ikan gabus
gambar ikan gabus

Itulah tadi Manfaat Ikan Gabus untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Didaerah saya dulu ikan ini tidak laku dijual tetapi sekarang ini punya nilai ekonomis yang tinggi, untuk keberadaan dialam liar juga semakin berkurang tidak seperti dulu kita dengan mudah untuk mendapatkannya.

Baca juga Manfaat Ikan Gabus lainnya, untuk melihat artikel terbaru kami silahkan kunjungi halaman awal blog Sekitar Kita.

wdcfawqafwef