Kata Dokter Beginilah Efek Kelebihan Serat

Bahaya Kelebihan Serat - Terlalu banyak konsumsi serat ternyata ada resiko yang ditimbulkan. Kelebihan Serat bukan malah bagus untuk kesehatan tentu malah sebaliknya. Efek negatif yang ditimbulkan seperti bisa menyebabkan dehidrasi, perut kembung, sampai dengan sulit untuk hamil. Bukan hanya kekurangan serat saja yang menimbulkan susah buang air besar, kelebihan serat pun juga bisa.

Yang dimaksud Kelebihan Serat disini adalah jika serat dikonsumsi terlalu banyak atau lebih dari 45 gram / harinya, jika melebihi dari yang disarankan para ahli tersebut bisa berakibat negatif bagi  tubuh kita karna kebutuhan tubuh kita bukan hanya serat saja.

Mengkonsumsi banyak serat bisa mengakibatkan dehidrasi, dehidrasi sendiri adalah kekurangan cairan yang ada didalam tubuh, karna jika terlalu banyak serat maka serat tersebut bisa menyerap air, jadi kebutuhan air yang dibutuhkan tubuh kita akan lebih banya k diserap oleh serat tersebut.

Terlalu banyak serat bisa mengakibatkan perut kembung, karna bakteri dalam usus yang mencerna serat secara berlebihan akan membuat lebih banyak gas, inilah yang menyebabkan kita mengalami perut kembung.

Terlalu banyak konsumsi serat bisa menyebabkan sulit hamil ? 
menurut penemuan dalam American Journal Of Clinical Nutrition jika kelebihan serat dikaitkan dengan resiko siklus menstruasi anovulatori yaitu ovarium gagal melepaskan sel telur. Menurut penelitian juga menyebutkan Kelebihan Serat bisa mengakibatkan turunnya kadar estrogen dan hormon reproduksi lainnya.

efek negatif kelebihan serat
gambar efek negatif kelebihan serat

Bukan hanya Kekurangan Serat saja yang bisa menimbulkan sembelit, Kelebihan Serat pun juga. Penyebabnya karna serat menyerap air itu tadi sehingga akibat yang ditimbulkan adalah susah buang air besar. Dengan mengkonsumsi jumlah serat yang sesuai dan seimbang tinja yang dihasilkan akan lebih lunak, buang air besar bisa lancar.

Itulah tadi efek negatif yang ditimbulkan jika kita terlalu banyak mengkonsumsi serat, baca juga Artikel Kesehatan lainnya.

wdcfawqafwef