Ikan Berkepala Ular

Ikan Berkepala Ular, ikan ini bukan ikan dari negri jin. Orang inggris menyebutnya dengan nama snakehead fish, orang indonesia menyebutnya ikan gabus, sedangkan dijawa disebut dengan nama 'iwak kutuk'. Ikan Gabus ini mempunyai bentuk kepala yang mirip dengan kepala ular, bentuk kepala besar dan agak gepeng sehingga diberi nama Snakehead. Bentuk tubuh agak bulat memanjang, hampir mirip ikan lele, sirip punggung yang memanjang dan bentuk ekor bulat.

Ikan ini mempunyai warna yang kurang menarik, berwarna gelap yang cenderung hitam kecoklatan atau kehijauan, dan terlihat coretan coretan disisi bagian sampingnya. Mempunyai gigi tajam dan bermulut besar. Adapun dari jenis ikan gabus ini yang berwarna warni cantik dan menarik yang sering dijadikan sebagai ikan hias di aquarium.

Ikan Berkepala Ular ini merupakan ikan predator yang sering memangsa ikan ikan kecil, katak kecil, serangga dan berbagai hewan lain yang berada disekitarnya. Ikan ini termasuk ikan yang kuat dan tidak mudah mati, dapat hidup meskipun kandungan oksigen dalam air minim, mampu keluar dari air berpindah ketempat lain jika terpaksa bisa menguburkan diri dalam lumpur hingga tempat tersebut berair, biasanya ini terjadi ketika musim kering. Ikan Gabus sering ditemui diparit parit, sungai, genangan genangan air diarea persawahan, dikolam pemeliharaan ikan yang menjadi hama karna memangsa ikan ikan disana.

Ikan Gabus ini merupakan ikan yang unik karna punya kemampuan bernafas langsung dari udara dengan mengunakan labirin, namun yang dimiliki ikan gabus ini lebih primitif dari yang dimiliki ikan bethik / betok.

ikan berkepala ular
gambar ikan berkepala ular

Itulah tadi sedikit mengenai Ikan Berkepala Ular, dahulu ikan gabus ini tidak ada harganya dan tidak ditemui dipasar pasar dan sekarang sepertinya berbeda, ikan ini mempunyai nilai ekonomi yang tinggi, karna kandungan gizinya yang tinggi serta banyak manfaatnya untuk kesehatan.

Baca Juga: Jenis-Jenis Ikan Gabus.
Untuk artikel terbaru kami silahkan kunjungi halaman awal blog Sekitar Kita.

wdcfawqafwef