Inilah Ciri Kanker Payudara Yang Harus Di Kenali Gejalahnya Sejak Dini

Ciri-Ciri Kanker Payudara perlu diketahui, secara umum bisa dikenali gejalahnya secara fisik seperti: perubahan dari besar dan bentuk payudara tersebut, kulit puting yang berkerut dan melekuk kedalam, payudara muncul bejolan, sampai ada cairan yang keluar dari puting payudara yang berupa cairan encer, kadang nanah ataupun darah, kadang cairan ini seperti ASI padahal tidak sedang menyusui maupun sedang hamil.

Untuk mendeteksi gejalah kanker payudara seseorang wanita bisa melakukan pemeriksaan sendiri secara sederhana, dianjurkan secara teratur setidaknya sebulan sekali setelah selesai masa haid. Tujuannya untuk mengenali dari tanda tanda atau ciri payudara seperti diatas itu tadi. Jika mengalami sesuatu yang tidak wajar maka perlu untuk memeriksakan ke dokter.

Wanita Bebas Kanker payudara
gambar wanita bebas kanker payudara


Berikut cara melakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI).

- Berdiri didepan cermin lihat apa ada yang berubah pada permukaan kulit, bentuk, apakah terjadi pembengkakan atau perubahan pada daerah puting payudara.

- Selanjutnya angkat kedua lengan letakkan dibelakang kepala, dan doronglah siku kedepan dan juga belakang, amati bentuk dan ukurannya. Otot dada akan berkontraksi ketika melakukan gerakan tersebut. Selanjutnya kedua tangan letakkan pada pinggang, condongkan bahu kedepan, kembali dorong kedua siku kedepan dengan kuat sehingga otot dada berkontraksi dan amati lagi payudara tersebut.


- Lihat apakah ada cairan yang keluar dari puting payudara jika puting tersebut dicubit.

- Angkatlah lengan kiri keatas dan  tekuk siku, gunakan tangan kanan untuk meraba dan menekan area payudara, amati dan raba sampai area ketiak, raba dengan gerakan lurus dari atas kebawah dan lakukan sebaliknya. Kemudian lakukan gerakan melingkar, lakukan juga dengan gerakan lurus dari tepi lingkaran payudara kedaerah puting dan lakukan sebaliknya.


- Selanjutnya dalam posisi tidur letakkan bantal dibawah pundak kanan dan angkat lengan kiri keatas, amati payudara sebelah kanan sambil melakukan gerakan meraba seperti gerakan nomer empat itu tadi, gunakan jari jari untuk menekan seluruh bagian payudara hingga area ketiak, dan lakukan sebaliknya.

Dengan mengenali Ciri Kanker Payudara sejak dini, tujuannya agar tidak terlambat dalam penanganannya sehingga kemungkinan penyakit ini bisa untuk disembuhkan.

Baca juga artikel lainnya tentang Penyebab Kanker Payudara, untuk melihat artikel terbaru kami silahkan kunjugi halaman awal blog Sekitar Kita.

wdcfawqafwef