Bahaya Botol Plastik Bagi Kesehatan Manusia

Bahaya Menggunakan Botol Plastik - Botol plastik sering di jumpai dan dipakai dalam kehidupan sehari hari. Plastik merupakan bahan sintetis yang diproduksi dengan menggunakan segala macam senyawa. Meski ada beberapa jenis plastik, misalnya plastik PET, aman untuk digunakan, tapi botol plastik sebenarnya dimaksudkan hanya dipakai sekali. Kemasan plastik sebenarnya menimbulkan masalah jika benda ini didaur ulang dan dipakai kembali. Ini karena plastik yang terurai akan melepaskan zat kimia yang disebut Bisphenol A (BPA) ke dalam air.

Seperti yang dikutip dari kompas, BPA ini memiliki beberapa efek negatif pada hormon tubuh, yang meliputi sebagai berikut:
- Gangguan perilaku
- Menurunkan imunitas
- Pubertas dini pada anak perempuan
- Masalah kesuburan
- Menurunkan jumlah sperma
- Gangguan belajar
- Diabetes
- Obesitas
- Kanker prostat dan payudara

Bahaya Menggunakan Botol Plastik

Botol plastik juga mengandung zat kimia yang disebut phthalates, zat yang membantu pembuatan plastik PVC lebih fleksibel. Phthalates telah dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan seperti kanker hati, menurunkan jumlah sperma dan masalah reproduksi lainnya. Saat ini memang sudah banyak botol plastik yang berlabel BPA-free atau bebas kandungan bhisphenol. Untuk amannya, pilihlah botol plastik dengan label tersebut, terutama plastik yang dipakai untuk botol susu
atau wadah makanan anak. (Baca juga: Bahaya Botol Plastik Bagi Lingkungan)

Itulah tadi mengenai bahaya botol plastik bagi kesehatan. Jadi kita harus lebih selektif memilih botol plastik yang digunakan dan tentu tidak boleh sembarangan. Baca juga artikel terbaru lainnya di blog Sekitar Kita.

wdcfawqafwef