Makanan Ini Bergizi Tinggi Tapi Harga Sangat Murah Meriah

Makanan Kaya Gizi Yang Harganya Terjangkau Untuk Semua Kalangan - Makanan bergizi tidak harus mahal. Sebenarnya banyak bahan-bahan makanan yang bergizi tinggi dengan harga yang sangat terjangkau. Jadi tidak ada alasan lagi meskipun gaji pas-pasan sebagai alasan kurang mengkonsumsi makanan-makanan bergizi.

Salah satu makanan murah yang bergizi adalah umbi-umbian seperti singkong ataupun ketela. Sebagian orang mungkin meremehkan makanan satu ini. Singkong kaya akan kalori dan kaya akan serat, sehingga tidak gampang lapar, dan menghindarkan kita dari kegemukan. Bukan hanya singkongnya saja, daunnya pun bisa juga dimanfaatkan sebagai sayur. Daun singkong mengandung vitamin A dan vitamin C.

Selain singkong, ketela juga demikian, meskipun harganya sangat terjangkau untuk gizi tidak perlu ditanya lagi. Berdasarkan penelitian akhir-akhir ini di Amerika, ketela atau ubi masak yang dimakan beserta dengan kulitnya ini mengandung lebih banyak serat dari pada satu porsi oatmeal. Ketela atau "sweet potato" ini selain kaya akan serat juga kaya akan karbohidrat. Kandungan glukosanya sedikit, tentu ini sangat bagus untuk orang yang sedang menjalani diet dan cocok untuk penderita diabetes.

Makanan murah tapi bergizi tinggi selanjutnya adalah tempe. Tempe kaya akan protein, selain itu tempe juga mengandung zat besi, vitamin B12, dan kaya akan mineral. Selain bergizi tinggi tempe juga bagus untuk kesehatan, salah satunya adalah untuk mencegah kanker payudara. Selain tempe, ada saudaranya yang juga bergizi tinggi adalah tahu.

Selanjutnya adalah telur. Telur merupakan sumber protein yang cukup baik, dan sangat bagus juga untuk pembentukan otot. Kuning telur memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi dari pada bagian putihnya. Kandungan pada kuning telur seperti protein, zat besi, vitamin A, dan kandungan lemaknya bisa dibilang cukup tinggi.

Makanan bergizi dengan harga yang sangat murah lainnya adalah bayam. Bayam ini cukup terkenal sebagai makanan kesukaan popeye ( tokoh kartun). Bayam kaya akan zat besi, serta berbagai vitamin yang dibutuhkan tubuh. Bayam sering juga dikenal sebagai "raja-nya sayur" karna kandungan gizinya. Meskipun begitu cara mengolahnya juga perlu diperhatikan agar tidak berdampak buruk, seperti jangan memanaskan bayam berulangkali, dan sebaiknya ketika memasak sayur bayam langsung dihabiskan. Selain itu jangan memasak bayam di panci besi/aluminium karena senyawa ferro akan bereaksi dengan bahan panci besi atau aluminium tersebut, sebaiknya gunakan yang dari bahan stainless steel. Pilihlah bayam yang masih segar, bukan yang sudah tersimpan lama, ini bisa kita dapatkan di pasar tradisional.

Makanan Ini Bergizi Tinggi Tapi Harga Sangat Murah Meriah

Itulah beberapa makanan murah yang mungkin banyak diremehkan, tetapi secara nilai gizi sangat tinggi. Untuk itu sebaiknya jangan anggap remeh makanan-makanan tersebut yang bisa menghindarkan kita dari kekurangan gizi di saat harga-harga yang mahal seperti sekarang ini.

wdcfawqafwef