Kucing Makan Nasi Plus Ikan Bisa Gemuk

Kucing Makan Nasi Plus Ikan Bisa Gemuk
Bolehkan Kucing Persia / Anggora Makan Nasi Plus Ikan Tongkol Tiap Hari? - Kucing persia makan nasi plus ikan pindang tongkol boleh-boleh saja, tetapi tentu ada resikonya. Dampak yang langsung kelihatan yaitu dari kotorannya. Kotoran kucing jadi banyak, lembek serta bau hampir seperti kotoran manusia. Kadang juga kalau tidak cocok kucing bisa kena diare atau mencret. Ini berlaku untuk semua kucing mulai kucing kampung, anggora, persia dan jenis kucing-kucing ras lainnya.

Kucing makan nasi akan lebih sering buang kotoran, ini dikarenakan pencernaan kucing tidak bagus untuk mencerna nasi karena kucing adalah hewan karnivora. Jika kucing makan nasi-nya banyak bisa sampai lebih dari 2 kali buang kotoran dalam seharinya. Anda tentu akan kualahan jika kucing tersebut buang kotorannya di bak pasir.

Berdasarkan pengalaman, kucing-kucing saya dulu makannya selalu nasi plus ikan. Mulai dari kucing kampung hingga keturunan persia medium tiap hari makan nasi plus ikan.

Efeknya dari kucing yang makan nasi plus ikan akan kelihatan dalam jangka panjang. Kucing jadi kurus dan jelek. Seandainya kucing tersebut gemuk, bulunya terlihat kusam dan mudah rontok. Kucing jadi kurang sehat yang bisa dilihat dari penampilannya.

Jika jenis kucing bulu panjang macam persia makan nasi plus ikan dalam jangka panjang bulunya akan jadi tidak bagus. Bulunya yang panjang dan tebal mudah rontok. Bulunya jadi pendek karena rapuh, jadi kelihatan seperti kucing kampung yang tidak terawat. Yang parah berat badannya bisa turun drastis.

Sebenarnya bukan tidak boleh kucing makan nasi. Boleh-boleh saja asalkan takarannya tepat, porsi daging-dagingannya harus lebih banyak dari porsi nasinya. Jangan sampai kebalik, karena bisa menyebabkan kucing sakit dan kurang gizi. Kucing sangat memerlukan nutrisi dari daging-dagingan.

Sebaiknya kucing dikasih makan apa?
Banyak beredar makanan kucing di pasaran mulai dari yang super murah sampai yang mahal. Pakan kucing murah efeknya juga tidak bagus bagi kucing karena kebutuhan gizinya kurang terpenuhi.

Saya sendiri lebih memilih memberi makan kucing berupa makanan alami mulai dari dada ayam segar, ikan tongkol segar, ikan bandeng segar, kuning telur tanpa putihnya. Untuk daging ayam diberikan mentah tanpa dimasak (tanpa tulang) dan sebaiknya dipotong-potong kecil seukuran mulut kucing. Jika potongannnya terlalu besar kucing kadang bingung cara memakannya. Kuning telur juga diberikan mentah. Sedangkan Untuk ikan perlu direbus dulu tanpa garam. Perlu diketahui pemberian ikan mentah kadang bisa membuat kucing muntah, jadi sebaiknya direbus sebantar saja.

Kucing kadang tidak terlalu suka dengan ayam, maka kita bisa mencampur daging ayam mentah dengan ikan rebus tersebut. Bau amis ikan akan membuat napsu makan kucing bertambah.

kucing saya

Hasilnya kucing jadi sehat dan bagus meskipun hanya kucing kampung, selain itu kotoran kucing jadi sedikit, kenyangnya lebih tahan lama.

Yang sebaiknya dihindari adalah pemberian lemak, usus, jeroan atau otot-otot hewan dalam jumlah besar. Kucing jika makan bagian hewan tersebut dalam jumlah besar bisa menyebabkan kotoran kucing jadi bau.

wdcfawqafwef