Burung Gereja Goreng, Enak Rasanya !

Burung Gereja, mendengar nama burung ini jadi teringat dengan sebuah lagu kesukaan saya dahulu, populer di pertengahan tahun 90-an yang berjudul 'Burung Gereja' yang dinyanyikan oleh Nugie. Burung Gereja merupakan burung pemakan biji bijian yang sering kita temui disekitar tempat tinggal kita.

Burung Gereja adalah sejenis burung pipit, emprit, peking atau ditempat lain ada yang menyebutnya dengan nama yang lain. Entah mengapa burung ini dinamakan burung gereja, apa sering mendiami gereja gereja tua atau bagaimana. Sama dengan jenis burung peking yang berkepala putih ditempat saya dinamai peking kaji, mungkin karna warna putih tersebut seperti sorban putih yang dikenakan oleh Pak Haji kali ya.... hehe...

Pada suatu ketika masih berada di Kota Batu kebetulan kami menempati disebuah rumah atau sejenis ruko kecil yang berlantai lima. Tidak sengaja pada waktu petang keteras atas melihat burung burung gereja mendiami lorong lorong kecil di atap teras lantai lima tersebut. Di hari yang mulai gelap burung burung tersebut tertidur lelap di lorong lorong tersebut, sehingga kami dengan mudah menangkapnya hanya menggunakan tangan saja tanpa menggunakan alat bantu.

Dan hasil yang didapat cukup lumayan ada belasan burung gereja, tanpa berpikir panjang lebar kami memutuskan untuk menggorengnya saja. Rasanya cukup enak, tulangnya kriuk kriuk, bisa digunakan untuk makan malam. Daripada ayam horen yang sering beli dipasar rasanya burung ini lebih enak dan lebih gurih meskipun memiliki daging yang sangat sedikit karna memang bentuknya burung ini yang sangatlah kecil sekali.

burung gereja
gambar burung gereja

Burung Gereja Goreng, Enak Rasanya !

Untuk melihat artikel terbaru kami silahkan kunjugi hamanan awal blog Sekitar Kita.
Baca juga : Burung Cendet Goreng

wdcfawqafwef