Pesut Belum Punah

Pesut Belum Punah - Pesut adalah mamalia air yang sering disebut sebagai Lumba Lumba Air Tawar, tetapi secara genetis Pesut ini tidak lebih dekat dengan Lumba Lumba yang hidupnya dilaut melainkan Pesut lebih berhubungan dekat dengan Orca atau yang sering dikenal dengan nama Paus Pembunuh.

Pesut ini dapat dijumpai diperairan air tawar di wilayah india, asia tenggara yang temasuk juga di Indonesia.

Pesut Belum Punah, tetapi bukan berarti ikan pesut ini jumlahnya sangat banyak. Di Indonesia sendiri populasinya dikabarkan hanya tinggal kurang lebih 100 ekor saja dan bahkan baru baru ini ada yang mengabarkan populasinya tidak sampai 50 ekor, sehingga menempatkan ikan ini menempati urutan paling tinggi satwa di Indonesia yang sangat terancam punah.

Menurut AntaraNews populasi pesut di Sungai Mahakam kian menurun dan keberadaan populasi Pesut di dunia juga sama mengalami trend penurunan, ini bisa saja diakibatkan karna buruknya kualitas lingkungan perairan tersebut dan juga terkait dengan pasokan sumber makanannya yang kurang mencukupi, sehingga pesut pesut tersebut sulit untuk mempertahankan hidupnya dan sulit untuk berkembang biak.

Dengan jumlah populasi yang kian menyusut maka perlu adanya tindakan tindakan penyelamatan hewan mamalia air ini agar tidak berujung pada kepunahan, salah satunya dengan cara memperbaiki lingkungan yang menjadi tempat hidup Ikan Pesut ini agar sunber makanannya selalu tercukupi, mengingat aktifitas dari Pesut tersebut delapan pulun persen (80%) dari aktifitas hidupnya adalah mencari makanan. Dengan makanan yang tercukupi dan lingkungan sungai yang terjaga dengan baik kemungkinan bisa menyelamatkan Ikan Pesut ini dari kepunahan.

ikan pesut
gambar ikan pesut

Saat ini memang Pesut Belum Punah, akan tetapi di tahun tahun berikutnya bisa saja hewan air yang sangat unik ini mengalami kepunahan dan hanya tinggal cerita saja.

Baca juga artikel lainnya tentang Ikan Pesut : Penampakan Ikan Pesut Mahakan Yang Hampir Punah, untuk melihat artikel terbaru lainnya silahkan kunjungi halaman awal blog Sekitar Kita.

wdcfawqafwef