Bahayanya Mandi Tanpa Sabun Yang Bisa Menyebabkan Masalah Kulit

Mandi Pakai Sabun Membuat Kulit Kering - Ketika mandi kita tidak bisa lepas dengan penggunaan sabun, setiap kali mandi selalu pakai sabun yang menjadikan kulit tubuh terasa keset dan kita menganggap kulit jadi sangat bersih. Dengan terlalu sering menggunakan sabun ini bisa menimbulkan masalah, kulit jadi kering, bersisik, dan terkadang sampai iritasi / gatal.

Bagaimana dengan mandi tanpa sabun?
Sebagian orang ada yang beralih dengan mandi tanpa sabun, hasilnya tiap orang berbeda-beda, ada yang kulitnya jadi lebih baik, sehat dan tidak kering. Sebagian orang lainnya malah menimbulkan masalah baru seperti tumbuhnya jerawat di area tertentu seperti punggung, dada, leher dan sebagainya. Hasil tiap orang tidak sama karena jenis kulitnya berbeda, jika kulitnya terlalu berminyak tentu bisa memunculkan masalah tersebut.

Jika kita ingin kulit sehat sebenarnya tidak perlu sepenuhnya meninggalkan sabun. Kita bisa pakai sabun tetapi tidak sering seperti sehari sekali atau seperlunya saja. Saya sendiri punya masalah yaitu kulit kering karena tiap mandi 2-3 kali sehari selalu menggunakan sabun, pernah jarang mandi yang muncul malah jerawat. Jadi sekarang mencoba pakai sabun hanya seperlunya saja dan kulit jadi tidak kering meskipun mandi 3 kali sehari.

Pada saat tertentu di mana setelah kita selesai olahraga atau aktifitas berat yang mengeluarkan banyak keringat dan banyak minyak, saat mandi perlu menggunakan sabun. Kita bisa pilih sabun bayi atau sabun biasa, sesuai selera. Tetapi di saat hari-hari biasa ketika mandi lebih memilih tanpa sabun, dengan hanya membilasnya dengan air saja sambil mengusap dengan tangan seperti saat mandi menggunakan sabun, agar bau badan dan kotoran lainnya bisa hilang.

Bahayanya Mandi Tanpa Sabun Yang Bisa Menyebabkan Masalah Kulit

Dengan mandi jarang pakai sabun ini memiliki banyak keuntungan, membuat kulit lebih lembab dan sehat, mencegah kulit kering yang kadang sampai timbul iritasi/gatal, hemat pengeluaran karena sabun jadi awet, tidak banyak mencemari lingkungan. Selain mandi, dalam hal keramas pun juga sama, terlalu sering keramas menggunakan shampo bisa juga membuat rambut jadi cepat rusak.

wdcfawqafwef