Inilah Perbedaan Ikan Mujair Dengan Ikan Nila Yang Benar

Ciri-Ciri Fisik Ikan Mujair - Cara membedakan ikan nila dan ikan mujair ini tentu membingungkan bagi sebagian orang. Ada yang mengatakan cara membedakan ikan nila dan mujair bisa dilihat dari warnanya, ikan nila warna tubuhnya merah sedangkan ikan mujair berwarna hitam, tentu itu tidak sepenuhnya benar karena ikan nila selain warna tubuhnya merah ada juga yang hitam.

Ikan nila dengan ikan mujair merupakan kerabat dekat, keduanya berasal dari perairan afrika. Ikan nila mempunyai nama ilmiah Oreochromis niloticus, dalam bahasa inggris di sebut Nile Tilapia. Nila berasal dari perkataan nile yang berarti sungai nil, secara alami asal ikan ini di temukan mulai dari Syria di utara hingga Afrika timur sampai ke Kongo dan Liberia yaitu di Sungai Nil (Mesir), Danau Tanganyika, Chad, Nigeria, dan Kenya.

Sedangkan ikan mujair, berasal dari nama seseorang bernama Mujair, Baca juga: Penemu dan sejarah ikan mujair di Indonesia. Ikan mujair memiliki nama ilmiah Oreochromis mossambicus, dalam bahasa inggris di sebut Mozambique tilapia, kadang secara tidak tepat disebut Java tilapia.

Ikan nila dengan ikan nujair bisa dikatakan serupa tapi tak sama, jika kita teliti kita akan mengetahui perbedaannya. Bagaimana melihat perbedaan kedua ikan ini?

Inilah gambar ikan nila
ikan nila

ikan nila

- Ikan nila umumnya mempunyai tubuh lebih gempal atau lebih lebar, lebih besar daripada ikan mujair, selain itu mempunyai lebih banyak bermacam warna.
- Ikan nila hitam jika kita amati warnanya lebih cerah dari ikan mujair.
- Dari mulutnya ikan mujair umumnya mempunyai bentuk mulut yang lebih lebar dari ikan nila.
- Ikan mujair pada bagian sirip punggung dan belakang umumnya memiliki warna kemerahan dibagian ujungnya.

Inilah gambar ikan mujair
ikan mujair

Seperti itulah perbedaan ikan nila dengan ikan mujair, semoga jelas dengan penjelasan yang singkat ini.

wdcfawqafwef