Cara Kuat Menahan Lapar Dan Haus Saat Berpuasa Bagi Pekerja Keras

Tips Agar Kenyang Tahan Lama Dan Tidak Kelaparan Saat Puasa - Agar kuat puasa sebagian orang memilih untuk makan dengan porsi yang sangat banyak ketika sahur. Kadang itu pun masih terasa lapar ketika menginjak siang hari apalagi aktivitas kita adalah pekerja kasar yang tentu membutuhkan lebih banyak energi dan kebutuhan lainnya.

Puasa bukan hanya umat muslim saja yang menjalani, umat lain yang juga mengenal dan menjalani puasa. Tetapi bagaimana agar kita selalu kuat dalam berpuasa, apakah dengan cara tidur setelah sahur dan bangun menjelang berbuka? Berikut ini adalah tips agar kuat berpuasa untuk pekerja keras agar tidak merasa kelaparan sebelum waktu berbuka tiba.

- Yang pertama adalah niat. Niatkan diri kita untuk berpuasa, tanpa niat sulit sekali bisa puasa penuh. Tetapi dengan niat saja belum cukup, tanpa kebutuhan gizi yang mencukupi ketika sahur bisa membuat rasa lapar cepat datang, kadang mata kita bisa berkunang-kunang dan pingsan kalau dipaksakan. Maka dari itu perlu memperhatikan kebutuhan gizi agar kita kuat dalam menjalani ibadah puasa.

- Konsumsi makanan berserat. Makanan berserat tinggi membuat rasa kenyang lebih tahan lama. Ketika sahur konsumsilah makanan-makanan berserat seperti sayur bayam, wortel, dan lain sebagainya. Jangan hanya mengandalkan nasi putih saja, karena dengan hanya mengkonsumsi nasi putih sangat cepat diserap tubuh sehingga cepat sekali kita merasa lapar. Dengan menambahkan serat proses pengolahan di perut kita akan lebih lama sehingga rasa kenyang pun bisa bertahan lebih lama. Nasi putih ini bisa juga diganti dengan nasi merah yang mengandung karbohidrat kompleks yang lebih banyak seratnya.

- Agar kuat berpuasa makan sahur harus dengan lauk agar kebutuhan gizi selalu tercukupi. Selain nasi, sayur, kita juga perlu lauk seperti dari daging sapi, daging ayam, atau ikan. Jika dirasa harganya cukup mahal kita bisa menggantinya dengan telur untuk mencukupi kebutuhan protein kita saat berpuasa yang tentu harganya cukup terjangkau. Selain itu makanan berprotein tinggi yang memiliki harga terjangkau lainnya seperti tempe bisa menjadi pilihan.

- Hindari makanan goreng-gorengan saat sahur, selain itu jangan sahur dengan nasi goreng karena akan membuat kita selalu merasa haus. Makan goreng-gorengan ini kadang juga membuat pencernaan merasa kurang nyaman. Hindari juga makanan yang terlalu pedas, dan terlalu asam.

Cara Kuat Menahan Lapar Dan Haus Saat Berpuasa Bagi Pekerja Keras

- Minumlah air yang cukup saat sahur, dan hindari minum minuman yang sangat dingin karena bisa membuat pencernaan kita kurang nyaman, demikian juga dengan minuman yang terlalu panas. Minumlah air gula jika diperlukan agar tubuh kita tidak lemas.

wdcfawqafwef