Pepaya California Ternyata Buah Asli Indonesia, Bukan Buah Import

Pepaya California Asli Amerika Serikat Ternyata Bohong - Pepaya california mungkin kita sering lihat di supermarket-supermarket. Pepaya ini berukuran kecil memiliki berat sekitar 1,3 kg / buahnya.

Menurut Prof Dr Ir Sriani Sujiprihati MS dari Institut Pertanian Bogor mengatakan, "Yang menamakan itu pepaya california bukan kami, tapi pedagangnya. Padahal itu adalah pepaya callina hasil pemuliaan yang kami lakukan bertahun-tahun. Terus terang saya sedih dan sakit hati dengan pengubahan nama tersebut, tapi kami tidak mungkin mengajukan tuntutan hukum karena nama buah ini tidak dipatenkan," seperti yang dikutip dari Republika.

Secara etika, seharusnya pengusaha tidak mengganti nama buah tersebut meskipun alasannya agar menarik pembeli, katanya. Padahal dikalangan petani sendiri masih menyebut pepaya california itu dengan nama pepaya calina sesuai dengan nama aslinya.

Mungkin karena masyarakat kita yang begitu menggilai produk impor sehingga pengusaha memberi label pepaya california yang seakan-akan buah pepaya ini berasal dari Amerika Serikat agar mendapat banyak keuntungan. Bukan hanya itu saja pepaya carisya hasil temuannya setelah di supermarket namanya juga berubah menjadi pepaya havana.

Mengutip dari tulisan Maria G Soemitro di kompasiana, buah pepaya yang diklaim buah impor itu memang hasil pemuliaan Prof Dr Ir Sriani Sujiprihati MS dan rekan-rekannya sesama dosen Ilmu Pertanian Bogor (IPB). Sejak tahun 2001 silam mereka telah berkeliling ke seluruh Indonesia untuk mengumpulkan berbagai verietas buah pepaya.

Dari sekitar 50 jenis buah pepaya yang dikumpulkan dan dilakukan seleksi hingga pada akhirnya menghasilkan riset beberapa varietas papaya unggulan, diantaranya yaitu pepaya arum (IPB-1) yang belum dijual ke pasaran dikarenakan masih terdapat bintik-bintik pada kulit buahnya. Pepaya jenis ini berukuran 14 cm, aromanya harum dan mempunyai rasa sangat manis.

Selanjutnya adalah pepaya prima (IPB-2) yang juga masih dalam pengujian. Pepaya ini berbentuk lonjong yang panjangnya sekitar 29 cm. Pepapa carisya (IPB-3) sudah beredar dipasaran, dengan tekstur daging agak keras. Pepaya jenis ini bentuknya hampir sama dengan pepaya arum (IPB-1) tetapi lebih ramping.

Sedangkan yang dianggap paling sukses yaitu pepaya callina (IPB-9) yang di supermarket-supermarket sering kita temui dengan label pepaya california, selain itu juga ada pepaya sukma(IPB-6).

Pepaya California Ternyata Buah Asli Indonesia, Bukan Buah Import

Pepaya california yang ternyata buah pepaya lokal, bagaimana dengan pepaya bangkok apakah berasal dari Thailand?
Sebenarnya pepaya bangkok yang katanya pepaya Thailand ternyata itu adalah pepaya sukma (IPB-6). Pepaya jenis ini memiliki bentuk lonjong dan panjang sekitar 35 cm, dengan warna kulit hijau sedangkan dagingnya berwarna jingga dan memiliki rasa yang manis.

wdcfawqafwef