Menangis Ternyata Banyak Manfaatnya Bagi Kesehatan

Efek Dari Menangis Apakah Berbahaya? - Menangis merupakan kegiatan meluapkan emosi dimana mata mengeluakan air mata di saat sedih karena ditinggal pacar, kehilangan seseorang, gara-gara sedang frustasi dan penyebab lainnya.

Tapi taukah kita bahwa menangis ini memiliki manfaat bagi tubuh. Seperti yang dikatakan seorang psikiater Sharon Mantin "Saya justru merekomendasikan menangis karena membersihkan energi negatif dan membiarkan energi positif memenuhi diri kita." Berikut ini adalah beberapa manfaat dari menangis.

- Menangis bisa untuk melepaskan toksin. Dari air mata yang diproduksi oleh stres ini bisa membantu tubuh mengeluarkan zat-zat kimia yang meningkatkan kadar kortisol, hormon stres. Zat-zat toksin ini selain dikeluarkan disaat menangis juga dapat dikeluarkan melalui urine, keringat, dan juga disaat menghembuskan napas.

- Menangis mampu memperbaiki penglihatan karena air mata dibentuk oleh kelenjar lacrimal yang bisa membersihkan penglihatan dengan cara melumasi bola mata dan kelopak mata. Ketika membran mata sedang mengalami dehidrasi maka penglihatan kita akan menjadi agak buram. Manfaat air mata yang membasahi lapisan mata ini berguna untuk menjaga mata tetap lembab dan bisa juga untuk menghilangkan debu.

- Menangis dapat membunuh bakteri karena air mata mengandung cairan lysozyme. Cairan ini juga ditemukan pada air susu ibu (ASI), air liur, air mani, dan juga lendir pada hidung, yang bisa membunuh 90 sampai 95 persen bakteri dalam waktu sekitar 5 sampai 10 menit.

- Menangis berguna untuk memperbaiki mood menjadi lebih baik. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh University of South Florida mengungkapkan bahwa dengan menangis bisa untuk menjadi cara yang baik dibandingkan antidepresan dalam hal memperbaiki mood. Pada orang yang menderita gangguan kecemasan juga merasa lebih positif setelah menangis.

Menangis Ternyata Banyak Manfaatnya Bagi Kesehatan

- Menangis bisa untuk mengungkapkan atau menunjukkan perasaan lebih dari suatu kata-kata dalam sebuah hubungan terutama pada pasangan yang sering memiliki reaksi berbeda saat menghadapi situasi tertentu. Dengan melalui air mata maka orang lain akan bisa melihat apa yang sedang kita rasakan. Seperti itulah yang kami kutip dari kompas health.

wdcfawqafwef