Cara Menangkap Burung Cendet Di Alam Liar

Cara Menjebak Burung Cendet Di Alam Liar - Suatu pagi di kota Lumajang jawa timur saya dan teman teman pergi kedaerah persawahan / ladang yang masih banyak pohon pohon besarnya, tepatnya disekitaran Sumber Agengrejo Plaza. Saya dan teman teman saya berencana menangkap burung cendet yang ada dialam liar dengan bermodalkan burung cendet yang ada didalam sangkar sebagai pancingan. Usahakan burung cendetnya yang sering berkicau. Tidak lupa bawa pulut / getah nangka yang nantinya diletakan disamping sangkar tersebut.

Cara menjebaknya pun cukup sederhana, tinggal letakkan sangkar yang ada burung cendetnya tersebut dimana saja, entah itu di tanah atau di ranting-ranting pohon. Kemudian cari ranting kecil atau kayu bulat untuk tempat pulutnya. Setelah itu kayu atau ranting tersebut baluri dengan pulut / getah nangga dan kemudian letakkan di samping sangkar tersebut. Sambil menunggu kita bersembunyi di tempat yang aman.

Tidak lama waktu berselang burung yang ada didalam sangkar tersebut berkicau dan akhirnya dihampiri burung burung Cendet Liar yang mulai semakin mendekati, dan pada akhirnya kena dech.... burung nempel di pulut tersebut.

Sambil cari cari tempat yang lain tapi masih menggunakan cara yang sama, sekitar kurang lebih 3 - 4 jam kami sudah dapat belasan burung cendet liar.

Berhubung burung tersebut masih liar jadi masih tidak mau makan makanan buatan, hanya mau makanan yang alami seperti jangkrik dan sebagainya, jadi harus dilatih dulu agar bisa mau makan makanan buatan. Hasil dari tangkapan tersebut sebagian ada yang akhirnya mati karna stress, sebagian ada yang digoreng buat camilan, sebagian lagi dipelihara.

Cara Menangkap Burung Cendet Di Alam Liar tergolong lumayan mudah, dengan cara cara seperti diatas pun bisa meskipun dapat hasilnya tidak begitu banyak. Cukup menyenangkan juga, sebenarnya tujuannya bukan cari burung saja tetapi lebih ke cari hiburan sehingga meskipun capek tidak terasa.

burung cendet
gambar burung cendet

Itulah tadi hanya sebuah Cara Menangkap Burung Cendet yang ada di alam liar yang sangat sederhana yang tujuannya lebih hanya untuk iseng iseng saja atau cari hiburan daripada diam dirumah.

wdcfawqafwef