Kota Dingin Itu Bernama Pangalengan

Sekitar Kita - Kota Pangalengan yang terletak di Bandung Selatan yang merupakan tempat yang paling dingin yang pernah saya kunjungi, ditengah siang pun masih terasa sejuk kabut asap yang dingin itu sampai masuk kedalam rumah melalui pintu dan celah celah yang terbuka. Jarak pandang pun cukup terbatas pada waktu itu diseberang jalan saja hanya kelihatan remang remang saja tertutup kabut putih yang dingin itu.

Cuaca dingin ini sangat jauh berbeda dengan kota Batu yang berada dijawa timur.
Apalagi kalau malam tiba suasana benar benar sangat dingin sekali membuat sulit tidur kalau tidak terbiasa.

Pemandangan di pangalengan ini sangat indah sekali dengan pemandangan khas pegunungan tapi sayangnya tidak saya abadikan karna waktu itu tidak ada kamera.

Kota dingin itu bernama pangalengan, sepertinya untuk sehari harinya kita perlu untuk menggunakan jaket agar tidak kedinginan. Untuk kunjungan saya di kota pangalengan pada waktu tersebut ketika sedang musim hujan jadi terasa sangat dingin sekali, sehingga kalau ngomong mulut pun keluar asapnya. Bisa dibayangkan ketika sedang mandi pada suhu sedingin itu, ketika tubuh kita terkena air tubuh kita pun langsung keluar asapnya, jadi ya benar benar dingin sekali pada waktu itu.


Suhu di pangalengan ini perbedaannya sangat jauh dengan keadaan di surabaya yang terkenal panas sekali jai butuh adaptasi. meskipun suhu di pangalengan cukup dingin tapi tidak membuat kulit jadi putih lho, jadi semakin hitam itu sudah pasti, berbeda dengan surabaya meskipun panas dan terasa panasnya dikulit tidak cepat jadi hitam. Tetapi kalau di pangalengan ini meskipun tidak terasa panasnya tiba tiba kulit jadi hitam, itulah yang saya alami.

wdcfawqafwef