Ikan Gatul Berasal Dari Mana ?

Ikan Gatul adalah nama ikan yang sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Ikan gatul ini sering kita jumpai di got, selokan, sungai dan beberapa perairan di sekitar kita. Ikan gatul sering dikenal juga dengan nama lain ikan cere, untuk nama ikan hiasnya adalah ikan guppy.

Apakah ikan gatul ini asli penghuni perairan di indonesia ?
Banyak yang mengira ikan gatul ini asli penghuni perairan di indonesia, tapi ternyata ikan mungil ini aslinya berasal dari benua amerika.
Ikan ini yang warnanya tidak menarik sering kita lihat jadi makanan ikan hias macam arwana, louhan, oscar dan sebagainya. Adapun yang berwarna warni menarik yang biasanya sering dipelihara di akuarium sebagai ikan hias.

Kenapa ikan ini sering kita jumpai hidup liar di got / selokan ?
Awalnya ikan gatul ini punya tujuan untuk membasmi larva larva nyamuk sehingga disebar di berbagai perairan di indonesia. Tapi tugas tersebut kurang berhasil karna ukuran ikan ini terlalu kecil begitu juga dengan ukuran mulutnya.

Sampai dengan saat ini ikan gatul ini beranak pinak jumlahnya bisa dibilang cukup melimpah sehingga dengan mudah kita temui dilingkungan sekitar yang tersebur di pulau jawa dan sekitarnya.


Meskipun jumlah ikan gatul ini cukup banyak disungai sungai tetapi ikan gatul ini tidak mengganggu habitat asli penghuni sungai tersebut. karena ikan gatul bukan ikan predator atau ikan pemangsa ikan jadi cukup aman untuk pengghuni asli sungai tersebut. 

Karena ikan gatul ini punya tubuh yang mungil justru ikan gatul ini sering dimangsa oleh ikan ikan yang lebih besar, seperti contoh ikan mas, ikan mujair senang sekali memangsa ikan yang satu ini. Meskipun begitu ikan ikan tidak lah mudah mengejar lari dari ikan gatul ini dengan tubuh yang mungil kecepatannya pun gesit sehingga sampai sekarang ikan ini bisa mempertahankan diri dari pemangsa dan bisa berkembang biak meskipun bukan ditempat aslinya berasal. Ikan ini termasuk ikan yang cukup sukses karena kemampuannya beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

ikan gatul hias

Baca juga Artikel Ikan menarik lainnya, untuk melihat apa saja yang terbaru diblog ini silahkan kunjungi halaman awal blog Sekitar Kita.

wdcfawqafwef