Ikan Gatul Bisa Di Konsumsi ?

Ikan Gatul - Suatu hari saya pergi ke pasar yang ada di daerah kota batu, jawa timur untuk beli ikan, sayuran, dan sebagainya. Melihat penjual ikan saya dapati ikan ikan kecil yang dipajang rapi dengan menggunakan kantong kantong plastik.

Sekilas saya lihat mungkin saja itu ikan teri yang masih basah, saya lihat dan saya amati lebih dekat lagi ternyata bukan ikan teri ternyata, tetapi nampaknya seperti ikan gatul yang sering kita jumpai di got, sungai, perairan di sekitar kita. Ikan gatul ini sering disebut juga dengan nama ikan cere atau nama ikan hiasnya sering disebut dengan nama ikan guppy. Ikan ini kira kira bisa dimasak apa ya ?........

Sampai dengan sekarang ini saya tidak pernah mengkonsumsi ikan gatul ini, mungkin teman teman ada yang pernah makan ikan ini, bagaimana rasanya enak kah ?.. atau seperti ikan teri kah ?...hehehe.

Kalau dilihat lihat rasa rasanya tidak seenak ikan teri sepertinya ya... Dulu saya sering sekali membeli ikan gatul ini atau mencarinya diselokan tapi tidak untuk dikonsumsi melainkan untuk makanan ikan hias yang saya pelihara yaitu ikan arwana dan ikan oscar. Ikan ini termasuk ikan yang mini kalau kita bandingkan dengan ikan ikan penghuni sungai lainnya, ikan gatul mempunyai ukuran dan tubuh yang kecil, berbeda lagi dengan ikan gatul yang berkelamin jantan ukuran tubuhnya jauh lebih kecil dari ikan gatul yang berkelamin betina yang biasanya punya perut yang sedikit buncit.

ikan gatul

Judul artikel selanjutnya: Inilah Wujud Ikan Berkepala Buaya yang Sebenarnya.
Baca juga artikel terbaru lainnya di blog Sekitar Kita.

wdcfawqafwef