Lontong Balap Kuliner Khas Surabaya

Lontong Balap - Jalan jalan ke kota surabaya tidak lengkap rasanya kalau tidak mencicipi kuliner yang satu ini.
Lontong balap....    namanya unik bukan.................
Bukan berarti makan lontong sambil balapan, tetapi lontong balap ini adalah makanan berkuah yang isinya sayuran tauge, ada tahu gorengnya, lentho, dengan taburan bawang goreng dan sate kerang sebagai pelengkapnya.

Untuk rasa tidak diragukan lagi, lezat, gurih, lenthonya kriuk kriuk, kalau suka pedas tinggal tambahkan sambal petisnya dan juga kecap secukupnya sesuai selera. Biasanya penjual ada juga yang menambahkan daun pisang bekas bungkus lontong untuk api memasak lontong balap tersebut sehingga menghasilkan aroma lontong balap yang khas.

Soal harga tentu bersahabat dengan kantong kita mulai dari Rp5000. Harga tergantung tempat juga kalau beli di penjual keliling biasanya kurang lebih segitu, untuk sate kerangnya sendiri biasanya dipatok dengan harga sekitar Rp500 / tusuk, tetapi tidak semua penjual menjual bijian ada juga yang perporsi untuk sate kerangnya yang isinya sekitar 10 tusuk sate perporsinya.

lontong balap
gambar lontong balap

Harga untuk lontong balap sendiri tidak selalu sama antara penjual yang satu dengan penjual yang lain, selisih harga itu pasti ada Rp1000 - Rp2000 tergantung juga pada kita membelinya dimana. Untuk di surabaya yang terkenal ada di jalan kranggan disitu terdapat beberapa warung penjual makanan yang satu ini, untuk soal harga pastinya lebih mahal dari penjual yang sering kita temui di jalan jalan. Mungkin sudah terkenal itulah sehingga harganya lebih mahal. Untuk soal rasa sih sepertinya tidak perlu diragukan lagi, tapi memang kadang berbeda rasa antara penjual yang satu dengan penjual yang lain. Itu memang menjadi ciri khas kembali pada lidah kita lebih memilih yang mana meskipun kata orang lain rasanya enak belum tentu juga cocok dengan selera kita lho...

Baca juga tentang kuliner surabaya lainnya :
Semanggi suroboyo
Artikel terbaru diblog Sekitar Kita.

wdcfawqafwef