Karak

Karak adalah nasi yang dikeringkan, karak goreng adalah nama sebuah camilan yang berbahan baku dari nasi yang dikeringkan dan kemudian digoreng, dan tinggal kita menambahkan garam agar rasanya lebih nikmat. Karak goreng bukanlah camilan yang populer seperti camilan camilan lain yang beredar dipasaran. Karak goreng ini merupakan camilan tradisional ditempat saya tinggal. Kalau disini namanya karak tidak tau ditempat lain mungkin ada yang berbeda nama. Karak bahasa indonesianya sering disebut dengan nasi aking.

Karak goreng merupakan camilan rumahan biasanya dibuat dari sisa sisa nasi yang tidak termakan, bukan berarti sisa makan dipiring yang kita tidak habis, tetapi sisa atau ketika kita menanak nasi kebanyakan berhubung tidak ada yang menghabiskan daripada dibuang lebih baik dijadikan karak. Caranya nasi tersebut dikeringkan dibawah terik matahari sampai benar benar kering, disimpan dan kalau ada waktu luang bisa digoreng sebagai camilan yang bisa juga sebagai teman nonton tivi.

Memang sangat sederhana sekali camilan yang satu ini tapi banyak juga lho yang menyukainya bahkan saya pernah masuk dirumah orang kaya ternyata terdapat juga camilan yang satu ini yang kebetulan juga suka. Dalam penyajian lain karak bisa juga ditanak seperti kita menanak nasi kemudian disajikan dengan parutan kelapa dengan lauk ikan asin atau semacamnya tetapi ini mungkin sangat jarang sekali ditemui dijaman sekarang ini. Bukan hanya itu saja karak ada juga yang menggunakannya sebagai campuran tempe, mungkin masih banyak lagi kegunaannya. Yang sering kita temui adalah  yang digoreng itu tadi yang digunakan sebagai camilan keluarga.

karak goreng
gambar karak goreng

Tidaklah sulit membuat karak ini, kalau tidak terpakai kita bisa menjualnya yang biasanya dihitung perkilo dalam keadaan mentah, saya tidak tau sekarang harganya berapa, tetapi kalau karak tersebut dari nasi yang bagus sayang kalau dijual yang biasanya dihargai harga  yang murah, lebih baik dimanfaatkan sendiri saja sebagai camilan. Baca juga artikel terbaru kami di halaman awal blog Sekitar Kita.

wdcfawqafwef