Cara Memilih Minyak Zaitun Yang Tepat Dan Benar

Memilih Minyak Zaitun tentu tidak boleh sembarangan. Minyak Zaitun tentu ada jenis jenisnya. Bagaimana cara memilih Minyak Zaitun yang tepat dan benar? Untuk tulisan kali ini akan membahas tentang cara memilih Minyak zaitun agar tidak salah pilih dan salah dalam penggunaannya. Ketika berada di pasar kita akan dihadapkan dengan beberapa nama seperti yang sering kita temui yaitu extra virgin olive oil, pure olive oil, extra light olive oil yang tentu memiliki kegunaan yang berbeda. Berikut ini adalah cara memilih Minyak Zaitun yang tepat dan benar berdasarkan label yang ada dikemasannya :

Extra Virgin Olive Oil (EVOO) adalah minyak zaitun kualitas terbaik yang biasanya digunakan untuk dressing salad, memiliki aroma khas yang agak tajam, tidak bisa dipakai untuk memasak / menggoreng, karna jika terkenan suhu tinggi tentu tidaklah baik. Minyak zaitun jenis ini sering digunakan sebagai perawatan kecantikan dan kesehatan, untuk mengkonsumsinya sebaiknya secara langsung tanpa melalui proses pemasanan. banyak sekali yang sudah membahas tentang khasiat dari Minyak Zaitun Extra Virgin ini.

Minyak Zaitun Terbaik
gambar minyak zaitun

Pure Olive Oil dan Extra Light Olive Oil ini merupakan percampuran antara virgin olive oil dengan refined olive oil tetapi dengan komposisi yang berbeda, secara fisik extra light ini warnanya lebih bening dan memiliki rasa dan aroma lebih lembut jika dibandingkan dengan jenis yang lainnya, cocok sekali digunakan untuk menggoreng, sedangkan pure lebih cocoknya digunakan untuk menumis atau dicampurkan kedalam sup dan sebagainya.

Dari ketiga Minyak Zaitun tersebut yang paling mahal adalah Extra Virgin Olive Oil, biasanya extra virgin ini sering dijumpai dengan kemasan botol lebih gelap yang tujuannya adalah untuk menghindari sinar matahari langsung yang tentu akan menurunkan kualitas minyak tersebut.

Itulah tadi cara memilih minyak zaitun sesuai dengan kegunaannya, ada juga tulisan lainnya tentang Minyak Zaitun. Untuk melihat artikel terbaru lainnya silakan kunjungi halaman awal blog Sekitar Kita.

Semoga bermanfaat.



wdcfawqafwef