Macam-Macam Jenis Minyak Zaitun / Olive Oil Yang Benar

Jenis Minyak Zaitun ada bermacam-macam, sering kita dengar khasiat dari Minyak Zaitun / Olive Oil itu bagus untuk kecantikan dan kesehatan. Taukah jenis minyak zaitun yang mana dari macam-macam jenis minyak zaitun yang bagus untuk perawatan kecantikan dan kesehatan? Berikut ini akan kita bahas macam-macam jenis minyak zaitun atau yang sering disebut olive oil (=bahasa inggris), agar kita  tidak salah pilih.

Extra Virgin, merupakan minyak zaitun yang dihasilkan dari perasan pertama yang merupakan minyak zaitun dengan kualitas tertinggi, harganya tentu lebih mahal, tidak untuk memasak dengan suhu yang tinggi, biasanya digunakan sebagai campuran salad, bisa dikonsumsi langsung. Minyak zaitun jenis ini mungkin sering kita dengar dan banyak dibahas diforum forum yang membahas tentang perawatan kecantikan di internet. Dalam prosesnya minyak jenis ini yaitu dengan fist cold press / perasan dingin yang pertama dengan buah zaitun yang berkualitas dan hasilnya di sebut sebagai Extra Virgin Olive Oil (EVOO).

minyak zaitun untuk kecantikan
gambar minyak zaitun untuk kecantikan

Virgin, merupakan hasil dari perasan yang kedua, sudah tentu kualitasnya sudah dibawah extra virgin.

Fino, merupakan percampuran dua jenis minyak zaitun yaitu antara extra virgin dengan virgin. Minyak jenis ini biasanya digunakan untuk menekan biaya produksi dan biasanya digunakan di restoran-restoran dan sebagainya, tentu minyak jenis fino ini menjadi pilihan daripada menggunakan extra virgin yang harganya lebih mahal.

Refined, merupakan hasil dari penyulingan, minyak jenis ini biasanya digunakan untuk memasak atau menggoreng dengan suhu yang tinggi, tentu harganya pun lebih murah.

Pomance, merupakan residu minyak zaitun yang tersisa dari proses perasan keduan, tidak dibuang melainkan diproses kembali yang bisa digunakan sebagai bahan baku, sabun, sampo, dan sebagainya. Pomance ini bukan tergolong minyak zaitun dan cocoknya disebut sebagai limbah dari minyak zaitun.

minyak zaitun
gambar minyak zaitun

Itulah tadi Jenis Minyak Zaitun, jangan sampai salah pilih jika menggunakannya sebagai perawatan kecantikan maupun untuk kesehatan, Sebaiknya pilih yang Extra Virgin Olive Oil (EVOO) karna kandungan kandungannya masih lengkap.

Baca Juga artikel lainnya tentang Minyak Zaitun. Untuk melihat postingan terbaru kami silahkan kunjungi halaman awal blog Sekitar Kita.

wdcfawqafwef