Makan Nasi Ternyata Berbahaya Bagi Kesehatan Manusia

Bahaya Mengkonsumsi Nasi, nasi yang dimaksud disini adalah nasi yang kita konsumsi sehari hari, yaitu nasi putih. Apa bahayanya makan nasi putih? Apakah harus meninggalkannya dan tidak makan nasi putih sama sekali?, untuk tulisan kali ini kita akan sedikit membahas tentang bahaya makan nasi putih.

Nasi putih merupakan makanan pokok sebagian besar masyarakat di Indonesia, nasi putih merupakan sumber karbohidrat, dan karbohidrat pada nasi putih ini merupakan jenis karbohidrat sederhana, sehingga mengandung gula yang tinggi serta minim serat, ketika dicerna akan langsung diubah menjadi energi dengan cepat dan dengan cepat juga meningkatkan kadar gula dalam darah, itulah sebabnya kita akan cepat lapar kembali. Makanan yang mengandung karbohidrat sederhana ini pada umumnya lebih mudah untuk diubah menjadi lemak yang bisa mengakibatkan kegemukan, selain itu bisa meningkatkan resiko diabetes.

Jadi penting sekali untuk mengurangi konsumsi nasi putih ini, bukan berarti benar benar meninggalkannya jika memang belum terbiasa. Sehari hari mungkin kita menghabiskan sampai tiga piring nasi putih bahkan lebih, jika kita tidak pernah olahraga atau kurang gerak tentu akan lebih membahayakan untuk kesehatan, tidak heran di indonesia ini banyak sekali penderita diabetes.

nasi putih
gambar nasi putih

Untuk makanan pengganti sebaiknya kita perlu pilih yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti contoh beras merah, jagung, ubi ubian, dan lain sebagainya, memang seperti kembali pada jaman dahulu kala, tetapi justru makanan makanan tersebut lebih menyehatkan sebenarnya jika dibandingkan dengan nasi putih yang kita konsumsi sehari hari.

Itulah tadi tentang bahaya mengkonsumsi nasi putih, sebenarnya boleh boleh saja mengkonsumsi nasi putih ini yang penting tidak sering atau terlalu banyak. Jadi intinya kurangi konsumsi makanan makanan yang mengandung karbohidrat sederhana dan lebih mengutamakan makanan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Baca juga Apa Itu Karbohidrat Kompleks?
Untuk tulisan terbaru kami silahkan kunjungi halaman awal blog Sekitar Kita.

wdcfawqafwef