Cara Mencegah Diabetes Dengan Olahraga Rutin

Cara Mencegah Diabetes yang paling utama adalah dengan menjaga berat badan untuk tidak terlalu gemuk dan tidak terlalu kurus. Dalam menjaga berat badan diperlukan olahraga rutin, selanjutnya adalah menerapkan pola hidup sehat diperlukan gizi yang seimbang, menghindari stress dan istirahat yang cukup.

Agar Terhindar Dari Diabetes, untuk makanan sebaiknya perlu membatasi konsumsi gula dan konsumsi karbohidrat sederhana. Karbohidrat sederhana tersebut ada dimakanan makanan yang berwarna putih seperti nasi putih, tepung terigu, tepung beras dan sebagainya, serta makanan makanan turunannya seperti olahan dari bahan bahan yang mengandung karbohidrat sederhana tersebut. Sangat dianjurkan untuk lebih mengutamakan makanan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Dan tentunya tidak lupa untuk setiap apapun yang masuk kedalam mulut perlu menyertakan sumber protein, bisa berupa ikan atau apa saja. Seperti yang disampaikan Dr Rini Sjoekri dalam acara diskusi Gerakan Sadar Gizi "jangan biarkan sumber karbohidrat masuk mulut sendirian harus selalu didampingi pasangannya yaitu sumber protein. Ini penting untuk menekan cravings / keinginan untuk ngemil".

Dr Rini juga menyampaikan, untuk pentingnya menjaga keberadaan otot. Kita harus berotot karna yang paling banyak mempunyai reseptor insulin adalah otot. Kalau otot berkurang maka akan berkurang juga reseptor insulinnya, ini awal dari terjadinya resistensi insulin dan pada gililrannya akan menjadi diabetes. Perlu diperhatikan juga untuk orang kurus yang komposisi ototnya  rendah, meningkat resiko diabetesnya karna mereka juga mengalami resistensi insulin.

wanita sedang olahraga
gambar wanita sedang olahraga

Itulah tadi Cara Mencegah Diabetes dari Dr Rini yang dikutip dari Tribunnews(dot)com. Dengan selalu menjaga berat badan ideal, diet sehat, dan olahraga rutin untuk mempertahankan bentuk otot atau membentuk otot kemungkinan akan jauh dari  resiko diabetes.

Semoga bermanfaat.

Untuk melihat apa saja yang terbaru di blog ini silahkan kunjungi halaman awal blog Sekitar Kita. Baca juga artikel seputar manfaat olahraga : Manfaat Latihan Beban Bagi Wanita.

wdcfawqafwef