Ini Bahayanya Akibat Kurang Serat Bagi Kesehatan

Bahaya Akibat Kurang Serat - Kurang serat bisa berdampak buruk pada kesehatan dan bisa mengundang berbagai macam penyakit. Berikut adalah akibat akibat yang ditimbulkan jika tubuh kita kekurangan serat :

- Kurang serat bisa memicu kelebihan berat badan.
Serat bisa membuat kita cepat kenyang tetapi dengan rasa yang nyaman, seandainya tidak mengalami seperti itu setidaknya perlu serat sebanyak 25 sampai 35 gram perhari-nya. Perlunya perbanyak konsumsi serat alami yang terkandung pada sayur dan buah.

- Kurang serat bisa mengakibatkan sembelit.
Indikasinya seperti susah buang air besar, serta tinja yang keras dan kering sehingga mengakibatkan rasa sakit ketika buang air besar. Jika ini dibiarkan terus menerus lama lama bisa berakibat kanker usus. Untuk mengantisipasi sembelit ini dibutuhkan makanan makanan yang mengandung serat yang baik seperti yang terdapat pada sayur sayuran dan buah buahan semacam brokoli, wortel, apel, dan sebagainya. Selain itu juga perlu olahraga dan minum air putih disarankan 8 gelas tiap hari.

sehat dengan konsumsi serat cukup
gambar wanita sehat

Selain seperti beberapa masalah kesehatan tersebut kurang serat juga bisa memicu berbagai penyakit seperti kanker, diabetes, jantung, dan lain lain, untuk itu penting sekali mengkonsumsi makanan makanan yang kaya serat ini.

buah dan sayur kaya serat
gambar buah dan sayur kaya serat

Tubuh kita membutuhkan serat, makanan yang berserat dalam prosesnya akan diserap oleh pencernaan.

Itulah tadi bahaya yang ditimbulkan Akibat Kurang Serat. Untuk menghindari hal hal yang bisa berakibat buruk bagi kesehatan perlunya membiasakan diri untuk mengkonsumsi makanan seperti sayur sayuran dan buah buahan, selain kebutuhan serat bisa tercukupi tentu juga sangat baik untuk kecantikan atau kulit akan terlihat lebih indah dan terlihat awet muda. Tentunya semua itu juga harus diimbangi dengan olahraga, serta minum air putih yang cukup, dan tidur yang cukup.

Baca juga artikel selanjutnya Bahaya Kelebihan Serat. Untuk melihat tulisan terbaru kami silahkan kunjungi halaman awal blog Sekitar Kita.

wdcfawqafwef