Cara Memilih Ikan Segar Dan Masih Bagus Di Pasar

Cara Memilih Ikan Segar Di Pasar tentu jangan sampai salah. Rasa dari olahan ikan tentunya ditentukan oleh kesegaran ikan itu sendiri, jadi kita harus bisa membedakan mana ikan segar dan mana ikan yang kurang segar. Ikan yang kondisinya sudah mati tidak bisa bertahan terlalu lama apalagi terkena sinar matahari langsung. Untuk tulisan kali ini akan kita bahas tips cara memilih ikan segar dan masih bagus dipasar agar tidak salah pilih.

Memilih ikan segar perlu diperhatikan adalah kondisi matanya, mata yang masih bening menandakan ikan tersebut masih segar, jadi sebaiknya jangan pilih yang matanya sudah kusam, buram, cekung, kering dan sudah kelihatan layu karna kondisi ikan tersebut sudah tidak segar lagi. Ikan segar memiliki mata yang terang, lembab, dan kondisinya masih penuh seperti mata ikan yang masih dalam keadaan hidup.

Cara memilih ikan segar dan masih bagus bisa juga dilihat dari badan ikan itu sendiri, sisik ikan masih menempel kuat, warnanya tidak kusam, cerah, dan lembab seperti keadaan ikan yang masih hidup. Selanjutnya kondisi perutnya tidak lembek dan jika ditekan langsung kembali seperti semula. Untuk ingsangnya pilih yang warnanya masih merah, bersih, jika terdapat tanda abu abu atau noda kotoran ini menandakan kondisi ikan tersebut sudah tidak dalam kondisi segar. Selain itu ikan segar bisa dikenali dari baunya yang khas ikan segar, bau ikan yang kurang sedap biasanya kurang enak sehingga jika kita mengolahnya dipastikan masakan tersebut tidak enak untuk dimakan.

ikan segar

Itulah tadi beberapa tips dalam memilih ikan segar dipasar, jika kita sudah terbiasa maka akan lebih mudah kita mengenalinya. Meskipun penjual menawarkan harga yang murah dengan kondisi ikan yang kurang bagus seperti yang disebutkan diatas  tadi sebaiknya jangan mudah tertarik karna ketika sudah dimasak nanti rasanya tidak akan enak. Baca juga tulisan selanjutnya tentang Cara Memilih Telur Yang Bagus Di Pasar, untuk melihat apa saja yang terbaru di blog ini bisa kunjungi halaman utama blog Sekitar Kita.

wdcfawqafwef