Lemari Es Hemat Listrik, Bisa Tanpa Listrik

Lemari Es Tanpa Listrik, memang kedengarannya aneh. Lemari es ini menggunakan teknologi modern yang memanfaatkan hukum fisika dasar. Mungkin belum banyak yang mendengar tentang lemari es yang bernama Sure Chill yang istimewa ini. Menurut sang penemu Sure Chill yang bernama Ian Tansley, ide dari pembuatan lemari es ini timbul setelah mempelajari tentang danau beku yang terjadi disekitaran dekat rumahnya. Pada awalnya ia bertanya tanya mengapa permukaan danau beku tetapi dibagian bawahnya masih ada ikan berenang.

Menurut kutipan dari kompas, lemari es ini jika tanpa listrik masih bisa menjaga temperatur suhunya selama sekitar 35 hari. Lemari es tersebut menggunakan hukum fisika dasar, contohnya pada suhu 4 derajat celcius air akan lebih berat dari sebelumnya dan akan mulai tenggelam. Sementara pada temperatur lain air akan naik kepermukaan. Dan lemari es ini memastikan adanya sirkulasi air dingin tersebut didalam kompartemen, atau tepatnya disekitar ruang pendinginnya agar tetap berada pada suhu yang diinginkan. (Baca: Cara Hemat Listrik Dengan 4 Langkah Ampuh)

Cara kerja dari lemari es ini ketika ada listrik akan membentuk lapisan es dibagian atas dan sebaliknya ketika listrik mati air akan mulai berkurang dinginnya dan naik, dingin kembali kemudian tenggelam. Efek tersebut terjadi secara terus menerus sampai esnya habis yaitu sekitar 35 hari.

Lemari Es Tanpa Listrik

Teknologi lemari es hemat listrik ini berasal dari perusahaan kecil yang berada di Wales dan belum diproduksi secara massal, jadi harganya tentu masih sangat mahal. menurut Ian Tansley jika saja mesin pendingin ini diproduksi secara massal harganya tentu bisa lebih murah seperti lemari es konvensional. (Baca juga: Cara Memperlakukan Dan Mengimpan Telur Yang Baik Dan Benar)

Itulah tadi mengenai lemari es yang masih bisa bekerja dengan tanpa listrik. Baca juga artikel terbaru lainnya di blog Sekitar Kita.

wdcfawqafwef